Cara Mencegah Penyebaran Virus Dengan PANDA USB VACCINE

PandaSecurity yang merupakan vendor antivirus pada 8 oktober 2009 silam telah meluncurkan software Panda USB Vaccine 1.01.14. Cara kerja software ini adalah mencegah (meminimalisir) penularan virus komputer melalui flashdisk dengan cara mem-vaksinasu komputer dan juga flashdisk.
USB Vaccine pada versi yang baru di rilis ini telah melakukan perbaikan performa di banding versi yang telah ada sebelumnya dan software ini pun telah mendukung multilingual/multibahasa.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa, virus-virus dapat menginfeksi komputer kita karena penggunaan file AUTORUN.INF, dan ini adalah suatu celah keamanan yang ada pada OS Windows (Vista dan XP). Efek yang di timbulkan dari AUTORUN.INF ini adalah virus-virus dapat mudah tersebar ke komputer kita walaupun kita tidak membuka isi dari flashdisk kita.
Ada 2 feature yang paling utama dari Panda USB vaccine yaitu:

  • Computer Vaccination, Fungsi nya adalah mematikan fungsi dari AUTORUN.INF yang serta merta menjalankan virus, dengan cara ini maka media penyimpanan yang kita masukan kedalam komputer kita tidak langsung di eksekusi.
  • USB Drive Vaccination, Kehebatan fungsi ini adalah mencegah virus menyebar secara otomatis ke komputer, jadi fitur ini berfungsi membuat file AUTORUN.INF baru yang kosong isinya namun tidak bisa di edit (baca, edit, modifikasi), jadi celah ini tidak bisa di manfaatkan virus untuk menyebar.
Perhatian..
Ketika kita telah melakukan vaksin terhadap flashdisk kita, maka secara otomatis file AUTORUN.INF tidak akan bisa di hapus melalui cara biasa, jadi mesti sekalian di format semua data-data nya, jadi kita mesti backup file-file nya terlebih dahulu apabila file AUTORUN.INF terpaksa anda ingin hapus.
Dengan cara ini maka penularan virus secara otomatis tidak akan bisa dilakukan kepada flashdisk kita, namun ingat satu hal bahwa, cara ini tidak menutup kemungkinan virus akan masuk ke flashdisk, karena bisa saja virus tersebut masuk karena kelalaian kita memasukan sembarang file yang sebenarnya adalah virus.
Jadi inti nya cara ini hanya mencegah penularan virus secara otomatis. Untuk download file nya bisa di unduh di bawah ini.

Download Panda USB Vaccine

 

 SEMOGA BERMANFAAT

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS